Skip navigation

Berbuka 

 

Berbuka dengan kurma supaya pahala shalat dilipatgandakan 400 kali

 

Alhamdulillah satu hari telah kita lalui dalam Ramadhan ini.

Alhamdulillah perut ini yang tak terbiasa menahan lapar dan kerongkongan yang tak pernah luput dari siraman air ini kembali sadar bahwa rizki dari-Nya begitu berharga. Alhamdulillah, dan semoga esok kita mampu lebih baik beribadah dan amal ibadah kita diterima di sisi-Nya. Amiin.

Menjelang berbuka puasa, beberapa ibu tampak sibuk di dapur mempersiapkan penganan untuk keluarganya berbuka. Sedang di masjid-masjid berkumandang lantunan ayat-ayat alquran, atau qasidah-qasidah puji-pujian. Semuanya terlantun dengan merdu dan indah. Di awal-awal bulan puasa, beberapa orang kantoran ingin secepatnya berada di rumah untuk menyambut satu kemenangan saat berbuka bersama orang-orang yang paling dicintainya. Semoga seharian ini menjadikan Allah limpahkan barakat dan rahmat-nya kepada kita. Amin.

Bagi anda yang lupa, atau sedang mengingat-ingat bagaimana doa berbuka puasa. Berikut ini adalah doa berbuka puasa dari sisi ahlulbait. Shalawat dan salam tercurah atas Nabi dan keluarganya yang disucikan.

Doa berbuka sendiri

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ

Bismillaahi ar-Rahmaani ar-Rahiim
Allaahumma shalli ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad
Allahumma laka shumtu, wa ‘alaa rizqika afthartu, wa ‘alayka tawakkaltu.

Ya Allah, aku berpuasa karena-Mu, dengan rizki-Mu aku berbuka, dan kepada-Mu aku bertawakkal.

Doa berbuka bersama

بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْنَا فَتَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillaahi, Allaahumma laka shumnaa, wa ‘alaa rizqika aftharnaa, fataqabbal minnaa, innaka Antas samii’ul ‘aliim.

Dengan nama Allah. Ya Allah, karena-Mu kami berpuasa, dan dengan rizki-Mu kami berbuka, maka terimalah puasa kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Dalam suatu hadis dikatakan:

“Sesungguhnya Allah swt membebaskan beribu-ribu hamba-Nya dari dosanya setiap akhir siang di bulan Ramadhan. Untuk itu, hendaknya kita membaca doa ini agar kita tergolong kepada mereka (yang diampuni dosa-dosanya).” (Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Oleh karena itu dianjurkan untuk membaca doa berikut ketika pertama kali menyentuh makanan.

بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ لَكَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، يَا وَاسِعَ الْمَغْفِرَةِ اِغْفِرْ لِي

Bismillaahi ar-Rahmaani ar-Rahiim
Yaa Waasi’a al-Maghfirati, ighfirlii

Dengan nama Allah, wahai Yang Maha Luas ampunan-Nya, ampuni aku.

Selamat berbuka,

Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad

Wassalam

About these ads

  1. Kunjungan balik nih… :)

    Aku kurang suka kurma, terlalu maniz…
    Selamat menunaikan ibadah puasa :D

  2. dikiiit aja makan kurmanya… ga papa kok… klu masih terlalu manis liat fotoku… tar jadi ilang manisnya :D

  3. makasih sudah mamapir ya, salam kenal and happy ramadhan :)

  4. wah pencerahan,
    saya baru tahu bahwa do’a berbuka terbagi dua.
    bagaimana jika berbuka di rumah, apakah dianggap buka sendiri atau bersama, considered bareng keluarga?

  5. wah…makasih ya atas informasinya, jadi bertambah neh pengetahuan saya :D

  6. Enak banget tuh kurmanya!!!

  7. @Meiy
    terima kasih juga anda uda berkunjung :) salam dan kunjung kembali lain waktu :)

    @Pengendara
    klu saya sering pake sendiri, karena saya buka sendiri… tapi menurut saya jika anda bersama keluarga dan anda memimpin doa mungkin yang kedua yang bisa dipilih. :)

    @Ai
    terima kasih kunjungannya :) semoga pengetahuan kita senantiasa bertambah

    @qizinklaziva
    hehehe… lebih enak lagi klu aslinya… maniiis banget :)

  8. Nah lo.. Lain ya sama yang 25 tahun gw baca…:-/
    Boleh juga nih, lebih singkat doanya lebih cepet bukannya..:D

  9. aku suka banget ma kurma, wah jadi pengin beli kurma nih…

    Selamat manunaikan ibadah puasa semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT amin….

  10. @desahalaban
    sebenarnya sama saja, mungkin hanya mengambil dari sumber yang berbeda. dan saya favoritkan untuk doa mohon ampunnya saat makan kurma. sumber dari Kitab Mafatih Jinan =)

    @lyla
    aku juga suka kurma, ayooo beli kurma. Ramadhan Mubarak Karim buat lyla, semoga amal ibadah kita diterima Allah AWJ amin =)

  11. intinya sih…kalau buka puasa jangan berlebihan ya…
    biasanya makan-makanan yang manis emang dah bikin perut kenyang…

  12. kurmanya menggoda sekali..
    sayang aq ga suka kurma :cry:

  13. Berbuka dengan kurma supaya pahala shalat dilipatgandakan 400 kali??! ini bener 9a sehh..baru tw,.huntin9 kurma nihh

  14. @nesa
    alhamdulillah ada benarnya juga untuk tidak menghamburkan nafsu makan setelah seharian menahannya :), dan mungkin juga makanan yang manis akan lebih cepat memulihkan tenaga tanpa memenuhi rongga perut.

    @pimbem
    makannya dikiiiit aja :)

    @gapentingbanget
    alhamdulillah, kalau sudah dapet kurmanya aq bole minta ya? :)

  15. rugi deh gw.. ga dapet yg digandain 400x hiksss..
    kurang suka kurma, abisnya manis bgt..

  16. @novee
    makanya biar ga rugi makan laaa.. dikiiit aja.. apa minta disuapin… hihihi… soalnya kan baru kurang suka bukannya benci :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: